Friday, September 21, 2012

Derby Della Lanterna

Derby della Lanterna adalah derby kota Genova. Ketika kebanyakan orang mendengar kata-kata "derby Italia", mereka pasti berpikir tentang derby dari Milan, Roma atau Turin, atau pertandingan antara Inter dan Juve, tetapi bagi rakyat Genova, "Derby della Lanterna" adalah derby ultras qiuntesential yang menarik. Alasannya sederhana: THE PASSION!


Beberapa fakta tentang Derby Della Lanterna:
- Genoa didirikan pada tahun 1893, membuat mereka klub italia tertua. Mereka mengenakan warna merah dan biru gelap.
- Sampdoria didirikan pada tahun 1946 oleh penggabungan dua tim sepak bola genoa yang sudah ada, Ginnastica Sampierdarenese dan Andrea Doria.Mereka juga menggabungkan warna dari dua klub, dan membuat Sampdoria memiliki icon satu-satunya klub di dunia yang memiliki 4 warna resmi : biru, putih, merah dan hitam.
- Genoa 1893 memenangkan kejuaraan italia yang pertama(scudetto), Namun Sampdoria memenangkan "Derby della Lanterna" pertama kalinya, 3-0 pada tahun 1946.
- Kedua tim memenangkan 10 Scudetti gabungan, Genoa menang 9 (yang terakhir pada tahun 1924) dan Sampdoria menang 1 pada tahun 1991.
- Klub-klub tidak hanya berbagi kota, tetapi mereka juga berbagi stadion yang sama, Stadion Luigi Ferraris atau Marassi Stadion.
- "Derby della Lanterna" memiliki banyak sejarah kelompok ultras.Ultras pertama di Genoa adalah Ultras Tito Tito Cucchiaroni dibentuk pada tahun 1969, salah satu kelompok pertama yang menggunakan nama ULTRAS.
- Setelah mengalami beberapa bentrokan serius kedua kelompok pendukung menyepakati gencatan senjata, dan menyetujui jika pertempuran hanya terjadi di tribun.
- "Derby della Lanterna" paling dikenal menampilkan choreographical yang mengagumkan.











1 comments:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete